by

Pesona Rumah Adat Aceh

Oleh: Nurzaitun, S.Pd.I.

Rumah Adat adalah rumah dimana melambangkan ciri khas suatu daerah. Setiap daerah pasti memiliki rumah Adat yang khas. Begitu juga dengan tempat tinggal penulis, tepatnya di Aceh Besar.

Rumah Adat Aceh Besar mempunyai arti yang tersirat dibalik bangunan rumah tersebut. Misalnya: di bagian samping tangga rumah terdapat sebuah Guci yang mengartikan bahwa: sebelum masuk ke dalam rumah, dipersilahkan terlebih dahulu membersihkan diri, seperti mencuci tangan dan kaki dari kotoran debu yang menempel ketika berpergian tadi.

Tak hanya itu, untuk masuk ke dalam rumah juga butuh perjuangan. Yaitu: harus melewati anak-anak tangga rumah. Jikalau ingin selamat dan tidak terpeleset, maka harus menaikinya satu persatu dari anak tangga tersebut. Tangga rumah tersebut mengisyaratkan kepada kita, dalam hidup ini tidak ada yang instan untuk kita miliki menuju satu titik tujuan hidup, pasti ada proses atau tahapan demi tahapan yang harus kita lalui demi mencapai sebuah tujuan. Semakin dewasa pemikiran kita, maka semakin matang nantinya dalam bertindak.

Selain itu, Filosofi tangga tersebut juga berlaku pada jabatan. Kalau kita naik jabatan perlahan tapi pasti dan mengikuti alur yang ada maka kita akan selamat. Tetapi jikalau kita menaiki sebuah jabatan dengan instan atau yang bukan pada alurnya, maka tunggulah kehancuran.

Setelah menaiki tangga untuk menuju ke dalam rumah, itupun harus hati-hati. Jangan langsung masuk seenak hati, nanti akan terbentur kepalanya dengan kosen pintu rumah. Tapi syaratnya harus menunduk. Ini melambangkan bahwa: kita harus punya etika atau tata krama dan sopan santun masuk ke rumah orang.

Sekian dulu ulasan penulis pada hari ini, moga bermanfaat.

 

Aceh Besar, 17 November 2020.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed