by

BPBA: Kebakaran Enam Rumah di Aceh Tenggara dan Satu Rumah di Aceh Jaya

Kutacane- Kebakaran rumah terjadi d Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh, Senin (19/9/2022) siang.

Peristiwa yang terjadi pada pukul 13.30 WIB itu menghanguskan enam rumah.

“Telah terjadi kebakaran rumah pada hari Senin, 19 September 2022 pukul 13.30 WIB di Kecamatan BabussalamGampong Perapat Sepakat,” kata Ilyas, Kepala Pelaksana BPBA di Banda Aceh.

Ilyas menyebutkan, penyebab kebakarab masih dalam penyelidikan. Diungkapnya, krobologi kebakaran berawal saat api muncul dari salah satu rumah kemudian dengan cepat membesar dan merambar ke bangunan yang lainya.

“Menurut pendataan petugas, tiga unit rumah habis terbakar rusak berat, dan tiga unit rumah sebagian terbakar rusak ringan. Sebanyak enam kepala keluarga dari enam jiwa kehilangan tempat tinggal dan mengungsi,” ujarnya.

Dalam upaya pemadaman api, petugas BPBD mengerahkan tiga unit armada ke lokasi. “Api berhasil dipadamkan pada pukul 14.20 WIB,” katanya.

Kebakaran Juga Terjadi di Aceh Jaya

Sementara itu, dilaporkan juga satu unit rumah warga dilaporkan hangus terbakar di Gampong Dayah Baro, Kecamatan Krueng Sabe, Kabupaten Aceh Jaya, Siang tadi pada pukul 13:45 WIB (19/09).

Penyebab terjadinya kebakaran masih dalam tahap penyelidikan dan rumah yang terbakar dalam kondisi rusak berat atas nama Mardani (52 Tahun).

Akibat terjadinya kebakaran,  dilaporkan pemilik rumah shock dan pingsan sehingga dilarikan ke Rumah Sakit. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Petugas BPBK Kabupaten Aceh Jaya  telah mengerahkan 2 unit Armada Damkar Pos Calang dan Pos Panga serta 1 unit mobil tangki air untuk melakukan pemadaman api. Pemadaman juga turut dibantu oleh masyarakat setempat.

Petugas BPBK Aceh Jaya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait, melakukan assessment di lokasi, pendataan, dokumentasi dan pelaporan. Dari data terakhir yg diterima BPBA, dilaporkan api berhasil dipadamkan pada pukul 14:20 WIB.

 

 

Sumber

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed