by

Empat Rumah Terbakar di Seulimeum Aceh Besar

Jantho –  Sebanyak empat unit rumah kontruksi permanen dan kayu di Gampong Capeung Dayah Kecamatan Seulimeum Aceh Besar, Minggu (8/8/2021) sore dimangsa api.

Dalam peristiwa tersebut tiga rumah mengalami rusak berat dan satu lainnya mengalami rusak ringan sehingga tiga KK atau sembilan jiwa sudah ditampung sementara di rumah tetangga.

“Petugas Damkar BPBD Aceh Besar Pos Seulimeum menerima informasi tentang adanya kejadian kebakaran rumah yang disampaikan oleh warga setempat,” kata Kalaksa BPBD Aceh Besar Farhan AP kepada RRI Minggu (8/8/2021).

Begitu menerima informasi petugas langsung bergerak ke lokasi kejadian dan juga koordinasi dengan Pos Jantho dan Pos Induk Sibreh untuk membackup melakukan penanganan kebakaran rumah tersebut.

“Setiba di lokasi kejadian petugas melihat api sudah membesar dan sudah menghabiskan seluruh bagian rumah yang berkontruksi kayu serta rumah kontruksi permanen yang berdekatan,”tuturnya.

Menurut Farhan, petugas langsung melakukan blokade api agar tidak merambat dan meluas ke bagian rumah warga lain, “Kondisi cuaca yang panas dan rumah berkontruksi kayu sehingga api begitu cepat dan mudah menghabiskan rumah serta harta benda milik korban tak satupun berhasil di selamatkan,”katanya.

Sementara itu Operator Pusdalops PB Maswani menambahkan, Petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar Pos Seulimeum mengerahkan dua unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian dan di bantu dua unit armada Pos Induk Sibreh serta satu unit Pos Jantho dengan dukungan delapan belas Personil gabungan.

BPBD Aceh Besar juga sudah berkoordinasi dengan Dinsos Aceh Besar untuk penanganan bantuan panik kepada korban yang tertimpa musibah tersebut danpemasangan tenda keluarga. “Untuk penyebap kejadian sudah dalam penanganan pihak yang berwajib,”demikian Maswani.

Data Korban Terdampak

1. Nama  : DarwisUmur : 40thKK/Jiwa : 1 kk/5 JiwaJenis bangunan : Rumah kontruksi kayuTingkat Kerusakan: Rusak Berat (RB)

2. Nama : JauhariUmur : 50thnKK/Jiwa : 1 KK/ 2 JiwaJenis Bangunan  : Rumah kontruksi PermanenTingkat Kerusakan  : Rusak Berat(RB)

3. Nama : M. HusenUmur : 90thnKK/ Jiwa : 1KK/ 2 JiwaJenis Bangunan : PermanenTingkat Kerusakan : Rusak Berat (RB)

4. Nama : HamdiahUmur : 70thnKK/Jiwa : 1KK/ 1 JiwaJenis Bangunan : Kontruksi KayuTingkat Kerusakan : Rusak Ringan (RR).

 

Sumber

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed