by

Pempek Didorong Jadi Warisan Budaya ke UNESCO

Palembang–Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan (Sumsel) berupaya memperjuangkan makanan khas daerah Kota Palembang, yakni pempek menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) ke Unesco.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal menyatakan, saat ini usulan masuk pada tahap kurasi di tingkat pusat.

“Sebelum diajukan ke Unesco, pada Maret 2021 ini pempek sedang dikurasi di tingkat pusat menjadi salah satu WBTB tingkat dunia,” kata Aufa dalam keterangannya, (16/3/2021).

Aufa mengatakan, dalam upaya melestarikan WBTB, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan sertifikasi terhadap berbagai WBTB dari setiap daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota.

Menurutnya, setiap daerah diberi peluang seluas-luasnya untuk mengajukan WBTB yang nantinya dikurasi Tim Ahli WBTB Indonesia.

Selain pempek, pihaknya berupaya mengajukan warisan budaya lainnya untuk disertifikasi dan diperjuangkan untuk mendapat pengakuan tingkat dunia.

“Melalui upaya tersebut diharapkan warisan budaya yang dimiliki tetap lestari dan menjadi kebanggaan serta daya tarik wisatawan,” pungkasnya. (Buy)

 

 

Sumber: rri. co.id

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed