by

Ribuan Mahasiswa Demo Tolak RUU di Aceh

Banda Aceh| aksesharian- Ribuan massa menggelar aksi unjuk rasa menolak RUU kontroversial di depan gedung DPR Aceh, di Banda Aceh, Kamis (26/9/2019).

Massa dari unsur mahasiswa di berbagai universitas di Kota Banda Aceh itu mulai berkumpul sejak pukul 10.00 WIB di bundaran Simpang Lima Kota Banda Aceh. Kemudian mereka bergerak ke gedung DPR Aceh dengan berjalan kaki.
Di gedung wakil rakyat itu, mahasiswa menyampaikan orasi menolak sejumlah RUU yang dianggap tidak berpihak kepada rakyat, termasuk menuntut Presiden untuk mengeluarkan Perpu pembatalan revisi UU KPK.

Para mahasiswa membawa spanduk, poster dan alat pengeras suara di atas mobil bak terbuka yang diparkirkan tepat di halaman gedung.

Aksi ini berjalan tertib. Ratusan aparat keamanan dari pihak Polri-TNI dan Satpol PP dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa.

Mahasiswa berorasi tepat di halaman gedung DPR Aceh. Bahkan jumlah mahasiswa membludak hingga ke jalan utama depan gedung dewan, sehingga jalan protokol itu lumpuh total.

Terlihat juga massa juga memasang spanduk yang bertuliskan ‘telah meninggal akal sehat para wakil rakyat’ di atap depan gedung. Massa juga mencoret di bagian depan atas gedung DPR Aceh dengan kalimat ‘Gedung DPR Disegel’.

Aksi unjuk rasa dihentikan sementara pada saat waktu shalat dhuhur dan makan siang. Massa kembali menggelar aksi pada pukul 13.30 WIB.

Dalam aksi ini, massa meminta pemerintah (Presiden) untuk mengeluarkan PERPPU pembatalan UU KPK serta menolak segala bentuk pelemahan terhadap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

Kemudian meminta DPR RI membatalkan RUU KUHP yang bermasalah, di antaranya pasal 218, 220, 241 dan 340.

Poin selanjutnya, mereka meminta kepada DPR RI mengindahkan aspek transparansi, aspirasi dan partisipasi publik dalam proses pembahasan RUU.

Massa juga menuntut negara mengusut dan mengadili oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab atas kerusakan lingkungan di beberapa wilayah Indonesia.

Sumber: RRI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed