by

Suasana Buka Puasa di Dayah Darul Mubarakah

Aceh Besar– Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan penuh ampunan, Kali ini tim aksesharian memantau buka puasa di Dayah Darul Mubarakah, yang terletak di Gampong Bak Dilip Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar, Senin,19/4/2021.

Pukul 18.00 sore, terlihat banyak santri yang sedang mempersiapkan hidangan buka puasa, yang diantar oleh masyarakat sekitar, dan ada juga yang meracik sendiri, salah satunya minuman yang hanya dijumpai saat bulan ramadhan yaitu boh timon wah, seperti yang dikatakan salah satu santri Dayah Darul Mubarakah Tgk. Muklis.

“Buah timun ini sangat enak dan segar kalau dihidangkan saat berbuka puasa, rasanya cukup khas, dan kami menyebutkan buah timun ini Boh Timon Wah, dikatakan wah karena ketika sudah matang buah ini akan pecah buahnya” ungkap Tgk Muklis sambil mengeruk timun suri.

Tgk Muklis menambahkan buah timum suri juga bisa didapatkan di pinggir jalan, apalagi kalau melintas di wilayah Aceh Besar, mayarakat sangat menyukai kesegaran yang berbeda dari rasa buah timun suri ini. ujarnya.

Selama bulan puasa, aktifititas di Dayah Darul Mubarakah tergolong aktif dengan berbagai macam kegiatan, dengan shalat
wajib dan sunnah yang dilaksanakan baik santri maupun, jamaah sulok di Dayah Darul Mubarakah yang dipimpin Oleh Tgk Muhammad Nasir (Abi Nasir).[]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed