by

Enam Hektare Lahan Sawit di Aceh Selatan Terbakar Enam Hektare Lahan Sawit di Aceh Selatan Terbakar

ACEH SELATAN – Seluas enam hektare kebun sawit milik warga Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Barat terbakar. Kebakaran lahan tersebut terjadi pada Rabu (10/4) sekitar pukul 13.00 WIB.

Lahan sawit seluas enam hektare tersebut merupakan milik Abdul Wahab (54), warga Desa Darul Ikhsan, serta milik Juliadi (40), Desa Keude Bakongan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek menyebutkan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari BPBD setempat, sumber api awalnya berasal dari jalan lintas desa, dan merambat ke kebun milik dua warga Bakongan tersebut.

Meluasnya kebakaran hingga mencapai enam hektare, kata Dadek, karena petugas sempat kewalahan menuju lokasi kejadian kebakaran, pasalnya lokasinya tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

“Petugas harus berjalan kaki sejauh 1,5 km, lantaran mobil pemadam tidak bisa masuk lokasi. Pemadaman terpaksa dilakukan menggunakan mesin portable sejumlah dua unit,” kata Teuku Ahmad Dadek, Kamis (11/4)

Menurutnya untuk mencegah luasnya kebakaran lahan tersebut pihak BPBD Aceh Selatan melakukan antisipasi dengan metode pembantasan lahan terbakar, dengan menyemprotkan air pada lahan yang tidak terbakar.

Sumber: AJNN

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed