by

F1 GP Kanada Dibatalkan, Turki Siap Menggantikan

Jakarta: Grand Prix Formula One (F1) Kanada kembali dibatalkan untuk tahun kedua beruntun, karena kasus virus Corona di Kanada terus mengalami peningkatan, dan Grand Prix Turki akan kembali jadi pengganti di kalender Formula 1 musim 2021.

Grand prix Turki akan digelar pada 11-13 Juni mendatang. CEO F1, Stefano Domenicali bersyukur Turki bersedia mengisi slot kosong dalam kalender Formula 1.

“Meskipun mengecewakan kami tidak bisa berada di Kanada musim ini, kami sangat senang untuk mengkonfirmasi bahwa Turki akan menjadi tuan rumah Grand Prix pada 2021 setelah balapan yang luar biasa musim lalu,” kata Stefano Domenicali dilansir dari laman resmi Formula 1, Jumat (30/4/2021).

“Saya tahu semua penggemar kami bersemangat dengan awal musim yang dramatis dan Turki adalah sirkuit hebat yang menghadirkan pertarungan hebat di lintasan,” tuturnya.

“Saya ingin berterima kasih kepada promotor dan pihak berwenang di Kanada atas semua upaya mereka dalam beberapa minggu terakhir, tetapi situasi perjalanan membuat rencana kami tidak mungkin,” ungkapnya.

“Saya juga ingin berterima kasih kepada promotor dan pihak berwenang di Turki atas kesediaan mereka untuk menyelenggarakan balapan Formula 1 yang menunjukkan minat besar pada olahraga kami dan harapan dari banyak lokasi untuk mengadakan Grand Prix.”

“Kami telah melakukan percakapan yang sangat baik dengan semua promotor lainnya sejak awal tahun dan terus bekerja sama dengan mereka selama periode ini,” pungkasnya.

Grand Prix Kanada, yang seharusnya akan digelar tanggal 13 Juni itu sempat diragukan karena pembatasan ketat COVID-19 yang diterapkan oleh pemerintah Kanada dan mengharuskan karantina untuk seluruh orang yang datang ke negara itu.

Kasus virus corona di Kanada terus mengalami peningkatan belakangan ini. Dalam satu pekan, rata-rata per hari ditemui lebih dari 7.000 kasus baru di Kanada.

Sejumlah rumah sakit di Ontario sudah menambah kapasitas sebagai antisipasi gelombang ketiga wabah virus corona. Untuk mencegah penyebaran virus, Kanada memutuskan untuk mundur jadi tuan rumah GP Formula 1 musim 2021.

“Karena langkah-langkah kesehatan yang diberlakukan untuk melawan Covid-19, Grand Prix Kanada telah dibatalkan untuk tahun kedua berturut-turut,” ujar pihak berwenang Kanada dilansir dari Marca, Jumat (30/4/2021).

“Namun, GP Kanada akan diadakan kembali tahun depan,” pungkasnya. Kesepakatan telah dicapai antara penyelenggara dan pemerintah Kanada dan Quebec untuk memperpanjang jadwal dua tahun hingga 2031.

Mengingat bahwa balapan di Kanada telah diatur untuk membentuk double-header berturut-turut setelah Grand Prix Azerbaijan, tidak mungkin bagi personel F1 untuk menjalani periode isolasi 14 hari.

Sebagai gantinya, F1 Grand Prix Turki ditunjuk sebagai pengganti. Bagi Sirkuit Istanbul Park, ini jadi kali kedua beruntun ditunjuk sebagai sirkuit pengganti setelah tahun lalu ditunjuk untuk balapan ke-14 dari 17 putaran musim 2020 F1 yang ditulis ulang pada November tahun lalu.
Keputusan itu mengakhiri ketidakjelasan selama beberapa pekan belakangan. Sebelumnya, ratusan staf dari luar negeri merasa bimbang lantaran GP Kanada belum pasti akan digelar.

 

 

Sumber: rri.co.id

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed