by

Gampong Meunasah Tutong Gelar Pembinaan (PKK)

Aceh Besar— Gampong Meunasah Tutong merupakan desa yang berada di Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, dalam rangka meningkatkan kapasitas keterampilan, gampong meunasah tutong menggelar pembinaan yang berlangsung dari pukul 08:00-16:00 WIB di Gampong Meunasah Tutong, Aceh Besar, Sabtu (21/11/2020).

Sebagaimana diketahui PPK merupakan organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.

Nurzaitun mengatakan , banyak orang yang berasumsi bahwa PKK merupakan sebuah kelompok wanita yang mengurus piring atau alat masak disebuah desa.

“Bicara tentang PKK, pasti terbayang dibenak kita piring, gelas dan segala yang menyangkut alat masak. Ternyata tak hanya itu, PKK tidak sesempit yang kita pikirkan. Karena PKK itu sebuah organisasi yang harus jelas struktur dan pengelolaannya” Jelas Wakil Ketua I PKK Meunasah Tutong Itu.

Nurzaitun mengatakan, “PKK tidak hanya melibatkan wanita saja akan tetapi juga mencakup pihak laki-laki di dalamnya. Karena PKK itu bukan hanya mengurus piring tetapi lebih dari itu. Tentunya tak terlepas dari tugas kelompok kerja (pokja) masing-masing” ungkapnya.

Kegiatan tersebut selain melibatkan perangkat PKK di Meunasah Tutong, juga mengundang dua orang pemateri yaitu ibu Rosita dan Ibu Nur Isnasari karena Pelatihan dibagi atas dua kelompok. Ibu Roslita dalam paparannya menjelaskan bahwasanya PKK bukanlah sebuah organisasi ambal-ambal. “PKK adalah Lembaga Nasional, yang dikelola langsung oleh ibu-ibu pejabat. Mulai dari ibu negara sampai kepada ibu keuchik. Karena PKK itu sebuah organisasi yang harus jelas struktur dan pengelolaannya” Jelasnya.

Nurzaitun mengatakan dalam memahami PKK harus mengenal istilah di dalam PKK itu sendiri ada yang namanya buku 6. “Apasih buku enam itu? Apa bukunya berjumlah enam buah? Tepat sekali. Dikatakan buku enam, karena ada enam buku yang wajib ada di PKK itu sendiri. Nah, Buku-buku apa sajakah yang enam itu?” Urainya

Berikut Nama- Nama Buku 6 dalam PKK.

Yang pertama: Buku daftar anggota dan kader.

Yang Ke-dua: buku agenda surat masuk dan keluar.

Yang Ke-tiga: buku keuangan.

Yang Ke-empat: buku notulen.

Yang Ke-lima: buku inventaris, dan

Yang Ke-enam: buku kegiatan.

Pelatihan PKK di gampong meunasah tutong berjalan dengan khidmad, ungkapan rasa syukur itu seperti yang dicurahkan Nurzaitun kepada media aksesharian.

“Alhamdulillah, pelatihan berjalan dengan lancar semoga dengan adanya pelatihan ini, kegiatan dan kinerja PKK dapat berjalan sesuai tupoksi yang diharapkan” Tutupnya.[]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed