by

Kalahkan Inggris, Italia Juara Euro-2020

Jakarta: Usai mengalahkan Inggris pada laga pamungkas Euro 2020 di Wembley Stadium, Senin (12/7/21) lewat drama adu penalti, Italia dinobatkan sebagai juara Euro 2020 dan berhasil menambah koleksi gelar juara turnamen mayor mereka menjadi 6 gelar.

Menilik dari catatan OptaJoe (12/7/21), gelar Euro 2020 ini adalah gelar mayor keenam Italia sepanjang sejarah. Mereka sudah meraih total 4 trofi Piala Dunia dan 2 trofi Euro.

Italia hanya kalah dari Jerman yang mengoleksi 7 gelar mayor di antara negara-negara Eropa. Dengan demikian, Italia layak disebut sebagai salah satu negara paling sukses di level sepak bola internasional.

Menariknya, Euro 2020 ini adalah gelar Eropa kedua Italia setelah pertama kali meraihnya pada tahun 1968 lalu. Opta mencatat ada selilsih 53 tahun antara dua gelar tersebut, terbesar dalam sejarah.

Timnas Italia, yang kala itu menjadi tuan rumah, memberikan kebahagiaan kepada para penggemarnya di Stadion Olimpico dengan menang 2-0 atas Yugoslavia.

Setelah penantian selama 53 tahun, Italia akhirnya kembali mengangkat trofi Piala Eropa. Meski tak lagi merayakan gelar tersebut di hadapan publik sendiri, titel kali ini bisa memberikan kesan berarti.

Sebab, Italia mampu kembali ke panggung internasional dengan penampilan yang sangat fantastis. Gagal di Piala Dunia 2018, tapi kembali dengan jadi juara di Euro 2020.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed