by

Penderita Covid-19 yang Sembuh Bertambah 91 Orang, Konfirmasi Baru 188 Orang

Banda Aceh|aksesharian—Penderita Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Aceh yang sembuh bertambah lagi 91 orang, namun angka kesembuhan (recovery rate) naik menjadi 60,8% dari sebelumnya 60,4%. Sementara kasus konfirmasi bertambah 188 orang, dan 6 orang meninggal dunia.

Hal tersebut dikemukakan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani yang akrab disapa SAG kepada pers, Jumat, 2/10/2020. Selain angka kesembuhan meningkat, case fatality rate akibat Covid-19 saat ini di Aceh 3,81%.

“Case fatality rate merupakan jumlah kasus kematian dibandingkan jumlah yang dirawat,” jelas SAG.

Penderita Covid-19 yang dilaporkan sembuh meliputi warga Kota Banda Aceh sebanyak 47 orang, Lhokseumawe 29 orang, Aceh Selatan 9 orang, Aceh Singkil dan Aceh Barat Daya sama-sama 2 orang. Sementara warga Bireuen dan Kota Sabang dilaporkan sembuh dari Covid-19 masing-masing 1 orang.

SAG juga merinci kasus konfirmasi hari ini yang meliputi warga Banda Aceh sebanyak 72 orang, Aceh Besar 45 orang, Pidie 9 orang, Aceh Tenggara 6 orang, dan Aceh Tamiang sebanyak 4 orang. Warga Aceh Selatan dan Kota Langsa, masing-masing 3 orang.

Sementara warga Aceh Barat, Aceh Tengah, Aceh Utara, Lhokseumawe, Pidie Jaya, dan Simeulue, jumlah konfirmasi sama-sama 2 orang. Warga Gayo Lues dan Kota Sabang juga ada positif positif masing-masing 1 orang.  Selebihnya, 32 orang merupakan warga dari luar daerah.

“Status ‘luar daerah’ itu berdasarkan identitas Kartu Tanda Penduduk, dan untuk kepentingan pemantauan dilakukan oleh Satgas Covid-19 kabupaten/kota di tempat warga tersebut berdomisili atau tinggal saat ini,” jelas SAG.

Kumulatif Covid-19

Lebih lanjutnya ia laporkan, dengan penambahan 188 kasus konfirmasi baru maka secara akumulasi jumlah korban virus corona di Aceh sudah mencapai 4.852  orang. Rinciannya, 1.757 orang dirawat di rumah sakit atau diisolasi, 2.910 orang dinyatakan sembuh, 185 orang meninggal dunia.

“Korban virus corona yang meninggal dunia bertambah lagi 6 orang, yakni masing-masing warga Banda Aceh sebanyak 2 orang, dan 4 lainnya warga Aceh Barat, Aceh Besar, Pidie, dan Kota Langsa,” ujau SAG.

Sementara itu, lanjutnya, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau kasus probable secara akumulasi sebanyak 437 orang. Dari jumlah tersebut, 96 PDP/probable dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 319 sudah sembuh (selesai isolasi), dan 22 orang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau kasus suspek di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 3.044 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.659 orang sudah selesai masa pemantauan (selesai isolasi), 379 orang dalam proses isolasi di rumah dan dalam pantauan Tim Gugus Tugas Covid-19 , dan 6 orang isolasi di rumah sakit, demikian SAG[]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed