by

Plt Gubernur Siap Teken Rekomendasi CDOB Pemekaran Aceh Malaka

BANDA ACEH – Sebanyak 15 perwakilan panitia pemekaran CDOB Aceh Malaka bersilaturahmi dengan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah di Pendopo Gubernur di Banda Aceh. Delegasi CDOB dari Kabupaten Aceh Utara pada Jumat (28/3) itu dipimpin oleh A Hadi Arifin dan disambut hangat oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

“Pemekaran itu merupakan tuntutan alamiah yang tidak dapat ditahan oleh pihak manapun dan kami mendukung Aceh Malaka dimekarkan dengan menerbitkan rekomendasi Gubernur Aceh,” kata Nova Iriansyah dalam sambutannya di hadapan panitia pemekaran.

Jika kelengkapan adminstrasi telah terpenuhi, sambung Nova, antara lain rekomendasi DPRK, bupati, DPRA, gubernur, dukungan masyarakat dan lain-lain itulah syarat utama sebuah daerah otonomi baru.

“Memang moratorium masih berlaku untuk pemerintah mereview syarat, kemampuan keuangan negara namun demikian persiapan dan syarat administrasi senantiasa segera dipenuhi. Karena pada dasarnya moratorium adalah ‘Preh siat’ Bahwa 514 kabupaten/kota kini sudah ada di Indonesia, tentu ada dan butuh proses untuk pemekaran lagi. Lanjutkan komunikasi yang proaktif dan konsultasi dengan DPRA,” ungkap Nova.

Hadir juga dalam kesempatan itu, sekretaris dan bendahara panitia pemekaran serta perwakilan camat, keuchik, mukim, tokoh sepuh masyarakat, dan tokoh pemuda (GP-PAM) dalam wilayah CDOB Aceh Malaka.

Kecamatan yang masuk dalam wilayah calon pemekaran Aceh Malaka meliputi Muara Batu, Sawang, Dewantara, Banda Baro, Nisam, dan Nisam Antara. Tepatnya berada di sebelah barat Aceh Utara.

Sumber: AJNN

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed